Rabu, 18 Januari 2017

Cara Membuat Tanaman Hidroponik

Cara Membuat Tanaman Hidroponik - Hidroponik adalah cara menanam tanaman dengan memakai air tanpa media tanah. Cara menaman tanaman satu ini sudah banyak diminati. Karena selain tidak kotor, cara menanam hidroponik juga dapat dilakukan walaupun kita tinggal di perkotaan dan tidak mempunyai lahan yang cukup luas untuk bercocok tanam. 

Berbagai jenis sayuran dapat kita peroleh dengan cara menanam hidroponik ini, contohnya adalah sawi, caisim, selada, kemangi, tomat, paprika, cabe, dan lain-lain. Sayuran segar dapat anda peroleh dari kebun rumah yang sempit hanya dengan cara tanam ini, asalkan nutrisinya terpenuhi. 

Hasil panennya dapat anda nikmati sekeluarga dan sangat efektif untuk menghemat pengeluaran. Selain itu Cara Membuat Tanaman Hidroponik juga tidaklah sulit. Sudah penasaran dengan caranya? Mari simak uraiannya berikut ini. 

Bahan dan Alat Untuk Membuat Tanaman Hidroponik

Untuk membuat tanaman hidroponik, pertama-tama siapkan terlebih dahulu peralatan dan bahanya seperti berikut ini.

1. Benih sawi, untuk jenis sawinya dapat anda sesuaikan dengan selera anda

2. Air bersih

3. Gunting/ pisau

4. Botol bekas air mineral

5. Sumbu dari kompor,

6. Nutrisi hidroponik

7. Rockwool

8. Arang sekam dan juga sabut kelapa

9. kain flannel, kain bekas ataupun kapas

 Cara Membuat Tanaman Hidroponik

Tahapan dalam membuat tanaman hidroponik

Tahapan dalam membuat tanaman hidroponik meliputi : pembibitan, pembuatan media tanam, penanaman lalu perawatan. 

1. Pembibitan

Pertama-tama benih harus disemai, supaya nantinya kita bisa mengetahui bibit mana yang bagus dan bibit mana yang kurang bagus untuk ditanam. Sebaiknya penyemaian memaki media rockwool, sebab bebas dari hama dan juga penyakit. Caranya, potong-potong rockwool kemudian semailah 1 hingga 2 biji benih sawi di satu rockwool. Setelah itu, basahi dengan air dan letakkan di nampan lalu simpan di tempat yang gelap. Tunggu sampai berkecambah. Setelah it pindahkan ke tempat yang terang, namun jangan sampai terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Semprot rockwool pada pagi dan juga sore secukupnya. Setelah berusia 2 minggu maka benih tadi siap untuk dipindahkan ke media tanam.

2. Membuat Media Tanam

Potonglah botol bekas menjadi 2 bagian atas dan juga bawah. Untuk bagian atas lubangi tutupnya secukupnya supaya sumbu tidak bisa lepas. Sumbu inilah yang akan menghantarkan nutrisi. Setelah sumbu terpasang, lalu isi arang sekam dan juga sabut kelapa di botol bagian atas, sedangkan untuk bagian bawahnya isi dengan nutrisi hidroponik cair. Setelah selesai, pasangkanlah botol pada bagian atas dan juga bawah dengan tutup botol menghadap ke bagian bawah.

3. Penanaman

Setelah anda selesai membuat media tanam, pindahkan bibit ke media tanam dengan hati-hati tanpa merusak akar sawi. Anda bisa melubangi media tanam sekitar 1-2 cm lalu tanam benihnya.

Seperti tanaman lainya, anda juga harus merawat tanaman hidroponik. Tanaman harus ditambahi cairan nutrisinya jika hampir habis. Cahaya matahari juga harus cukup tidak boleh kurang dan tidak juga tidak lebih. Setelah 60, anda sudah bisa memanen sawi tersebut. 

Bagaimana, tertarikah anda untuk menanam tanaman hidroponik? Semoga uraian tentang Cara Membuat Tanaman Hidroponik diatas bermanfaat untuk anda. Selamat menanam dan semoga berhasil.
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top