Rabu, 18 Januari 2017

Cara Membuat Mainan Topeng

Cara Membuat Mainan Topeng - Topeng adalah sebuah benda yang dipakai sebagai alat untuk menutup wajah yang umumnya terbuat dari kertas, kain, kayu, plastik ataupun logam. 

Pada zaman dahulu, biasanya topeng dipakai untuk menyembunyikan identitas diri supaya tidak diketahui orang lain. Tapi, seiring waktu berjalan, topeng sekarang dikenal sebagai sebuah karya seni yang sering dijadikan pajangan. 

Dalam topeng bukan hanya nilai artistik saja yang bisa kita dapatkan,namun juga nilai-­nilai lainya yang bersifat simbol. Selain itu, topeng juga sering dijadikan sebagai cerminan karakter ataupun sifat manusia saat digunakan dalam sebuah pentas seni tari. Tak hanya itu, topeng juga banyak dibuat untuk mainan anak-anak. Anak-anak sangat menyukainya, meskipun di zaman modern ini banyak mainan modern dan canggih.

Sekarang anda tidak perlu membelikan anak anda mainan topeng, sebab anda bisa membuatnya sendiri. Salah satu jenis topeng yang kita akan bahas disini adalah topeng yang terbuat dari kayu. Jenis kayu yang umumnya paling banyak dipakai sebagai bahan untuk pembuatan topeng adalah kayu sengon dan pule. 
Mengapa begitu? Sebab kedua kayu tersebut mudah untuk diperoleh  dan mudah diukir.  

Alat dan Bahan Dalam Membuat Mainan Topeng

Berikut ini adalah Cara Membuat Mainan Topeng. Alat yang anda perlukan untuk membuat topeng kayu yaitu bor, pahat, gergaji potong, kapak dan juga amplas. Sedangkan bahan yang diperlukan untuk membuat topeng kayu adalah kuas, lem, kayu, pensil dan juga cat warna

Gergaji potong nantinya akan berguna untuk memotong kayu yang akan anda gunakan sebagai bahan dasar pembuatan topeng. Kapak nantiny akan berguna untuk membelah kayu dan bagian-­bagian lainya yang sekiranya tidak diperlukan. 

Lalu alat pahat nantinya akan anda pakai untuk mengukir bentuk wajah dari topeng yang anda buat. Bor nanti akan  anda pakai sebagai alat untuk memudahkan anda dalam melubangi kayu. 

Kemudian, lem akan menjadi antisipasi bila dalam proses pemotongan dan pemahatan ada bagian yang patah, anda bisa menggunakan lem tersebut untuk menyambungnya lagi. Dan terakhir, amplas berguna untuk menghaluskan topeng dan cat warna nantinya akan anda pakai untuk mewarnai topeng supaya terlihat menjadi lebih indah.

Cara Membuat Mainan Topeng

Tahan dan Langkah Membuat Topeng Mainan


Setelah anda mempersipakan semua alat dan juga bahan di atas, sekarang saatnya anda untuk mempraktekan Cara Membuat Mainan Topeng
  • Pertama-­tama, anda harus memotong kayu yang sesuai dengan ukuran yang anda inginkan dengan memakai gergaji. Lalu belahlah kayu menjadi 2 bagian memakai kapak. Kemudian, buatlah pola dasar dari hidung, mata, mulut dengan menggunakan pensil. 
  • Setelah itu pahat pola dengan memakai alat pahat. Bila pola yang anda buat sudah sesuai dengan karakter topeng, sekarang waktunya untuk mengamplas permukaan tersebut dengan memakai amplas agar permukaannya mejadi halus. 
  • Setelah itu, olesi topeng tersebut dengan wood filler untuk menutup pori-­pori kayu. Lalu yang terakhir lanjutkan ke proses pewarnaan dengan memakai cat warna yang sesuai dengan keinginan anda. 
  • Keringkan sebentar dan topeng mainan sudah siap untuk digunakan. Anda bisa menjadikan topeng ini sebagai hadiah untuk anak anda.  

Demikianlah ulasan tentang CaraMembuat Mainan Topeng  
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top